Rumah monyet

Tanya : Saya ingin bangun rumah walet. Tapi disain rumah walet banyak tipe. Sebagian besar ada rumah monyet atau kotak sabun. Yang ingin saya tanyakan perlu atau tidak rumah moyet dibangun. Kenapa lebih banyak yang membuat rumah monyet dan apa sebab serta kegunaannya ?
Jawab : Rumah walet dengan rumah monyet atau kotak sabun adalah disain pada tahap awal beberapa pemain walet di daerah Sumatra yang akhirnya menyebar ke berbagai daerah.

Rumah monyet di buat dengan berbagai alasan dan pertimbangan antara lain:

1. Diharapkan walet mudah mencari lubang masuk.
2. Faktor ikut-ikutan. Karena orang melihat rumah walet yang ada rumah monyet sukses besar
3. Diharapkan lubang masuk lebih tinggi apabila kita mempunyai biaya hanya cukup untuk membangun 1-2 lantai saja, sehingga pencuri akan lebih sulit menjangkaunya dan walet tidak takut untuk masuk.
4. Berlomba untuk mencapai yang tertinggi. Karena diyakini dapat menarik walet lebih banyak.
5. Untuk menghemat ruangan. Karena setelah walet masuk lewat rumah monyet dan menuju lantai berikutnya, lantai tersebut akan lebih tersembunyi dari lubang masuk dan hal ini akan lebih banyak mengundang walet bersarang dan lain-lain.

Perlu diketahui. Ketika pertama kali walet masuk ke lubang masuk, walet akan cenderung terbang mengarah ke atas karena insting untuk mencari aman. Bagi walet yang sudah dewasa tidak begitu ada masalah, karena setelah hafal kondisi rumah monyet, sebagian akan dapat turun kelantai berikutnya. Itupun bila tinggi rumah monyetnya tidak lebih dari 3 meter. Bila 3-4 meter tingginya, walet dewasapun akan sedikit kesulitan.

Tetapi walet muda dan baru beberapa bulan belajar terbang akan kesulitan dan cenderung keluar masuk saja. Walaupun menetap biasanya akan menginap di rumah monyet. Kerena merasa tidak nyaman 1-2 hari akan pergi.

Lain halnya bila walet mengungsi. Ditempat mana saja akan mau asal tidak ada gangguan. Misalnya di gedung-gedung, gudang, rumah atau gubuk yang berpenghuni, apa lagi tempat yang masih kosong. Karena walet yang mengungsi sudah tidak ada pilihan dan biasanya sedang panik dan kelelahan.

Bila ingin bangun rumah monyet sebaiknya tinggi maksimal hanya 2 meter saja. Atau paling pendek 1 meter. Hal ini akan memudahkan walet ke lantai berikutnya karena jaraknya lebih dekat

5 komentar:

  1. Apakah dalam 9 bulan hanya ada 2 sarang ada harapan untuk selanjutnya?karena saya baru mencoba .

    BalasHapus
  2. Saya membuat rumah monyet di rumah yg sedang saya tinggali, saya sediakan satu kamar untuk rumah walet. Beberapa hari lalu walet keluar masuk di rumah monyrt tak mau turun dan sudah 3 hari i ni tak datang lagi...
    Pertanyaan saya, apakah rumah monyet harus ada switwrnya, dan apakah BW takut tinggal di rumah yg berpenghuni? Terima kasih banyak atas Jawabannya 🙏🙏🙏

    BalasHapus
  3. Mengapa burung yang manginap cuma dan tidak bertambah tambah umur rbw sudah lima bulan

    BalasHapus
  4. Mengapa burung walet yang menginap cuma satu ekor tidak bertambah tambah umur RBW saya sudah lima bulan

    BalasHapus