Sifat walet

Tanya : Saya sudah lama berpengalaman memelihara burung antara lain perkutut, murai dan lainnya. Apakah walet memiliki sifat yang sama dengan burung lain ?
Jawab :
Sifat burung walet di alam bebas hampir sama dengan unggas terbang lainnya, walet termasuk burung yang hidup berkoloni dan merupakan burung satu-satunya yang tinggal dan membuat sarang dalam goa yang lembab, gelap sulit di jangkau oleh predatornya, dan tersembunyi.
sifat berkelompok ini berhubungan dengan faktor keamanan karena walet adalah burung yang lemah dan tidak memiliki senjata untuk mempertahankan dan melindungi dirinya dari serangan predator terutama burung elang, padahal walet harus terus terbang dalam kondisi apapun dan tidak dapat hinggap dipohon seperti burung lainnya.

walet adalah burung yang memiliki sifat yang sensitif dan peka terhadap kondisi lingkungan. walaupun walet dapat dibudidayakan tapi tidak dapat di jinakkan atau dikurung. walet hanya hinggap untuk istirahat dan tidur di papan sirip atau dinding goa.
Tempat yang tenang, nyaman dan aman dari ganguan adalah tempat yang paling di sukai walet untuk tinggal membuat sarang, oleh karena itu walet cenderung mencari tempat yang tersembunyi dan gelap.

1 komentar:

  1. salam sukses,,,

    pak/ibu. permisi saya mau tanya cara pemanggilan burung walet kerumah gimana yah? ada trik khusus ga?
    saya punya rumah 2 lantai, dan lantai 2 sudah ga ada penghuni, bisa ga dikirimin saran untuk memulai usaha walet dangan baik dan benar? terima kasih..

    email: obhycabz@gmail.com

    BalasHapus